Estimasi biaya nikah siri di Indonesia mulai dari 150 ribu rupiah

Biaya Nikah - Bisa dibilang salah satu tujuan hidup seseorang adalah untuk menikah. Dengan menikah maka garis keturunan kita akan terus mengular dan pada hari tua nanti jadi ada yang bisa mengurus hidup kita. Setiap orang pasti berkeinginan untuk menikahi pasangannya dengan suatu prosesi yang sakral dan tentu saja yang resmi sesuai dengan aturan perundang-undangan dan agama.

Estimasi biaya nikah siri di Indonesia mulai dari 150 ribu rupiah
Estimasi Biaya Nikah

Tapi tunggu dulu, bagi beberapa orang menikah secara sah di hadapan hukum yang berlaku cukup memberikan masalah terutama biaya yang harus dikeluarkan demi mendapatkan dokumen tertentu. Oleh karena itu cukup banyak pasangan yang kemudian untuk meresmikan hubungan mereka melalui jalan dengan nikah siri setidaknya secara agama mereka adalah pasangan yang sah.

Pengertian nikah siri secara sederhana adalah suatu pernikahan yang dilakukan tanpa melakukan pencatatan di Kantor Urusan Agama. Kata siri sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu sirri atau sir yang berarti sebuah rahasia atau tertutup. Karena tidak adanya pencatatan di kantor Urusan Agama maka dimata hukum yang berlaku di Indonesia maka pernikahan ini adalah pernikahan yang ilegal tapi jika ditilik dari hukum agama maka pernikahan ini sah jika syarat dibawah ini terpenuhi, antara lain:
  • Kedua mempelai bukan merupakan pasangan yang diharamkan untuk menikah, misalnya memiliki agama yang berbeda atau memiliki hubungan kekerabatan.
  • Adanya restu dari wali perempuan.
  • Adanya saksi nikah, minimal 2 orang.
  • Adanya ijab kabul beserta mahar.

Untuk beberapa tahun kebelakang, pernikahan siri sangat marak dilakukan karena memang biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sebesar biaya pernikahan secara resmi. Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin melakukan nikah siri? Biaya yang harus dikeluarkan itu relatif tergantung penghulu mematok harga berapa. 

Menurut salah satu sumber yang kami hubungi disalah satu daerah di Jakarta, penghulu tersebut mematok biaya nikah siri sebesar 850 ribu, sementara dari narasumber lain ada yang mematok harga hingga 5 juta rupiah. Sedangkan biaya terendah yang dapat kami himpun adalah sebesar 150 ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan? biaya ini sebenarnya bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dari persyaratan yang dibawa oleh calon pengantin yang mau menikah.

Persyaratan tersebut terbilang cukup muda hanya cukup fotokopi KTP beserta foto berukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar beserta pasangan pengantin yang hendak menikah dan tentu saja telah menentukan tanggal pernikahannya. Selain itu mungkin makanan untuk dikonsumsi juga bisa masuk dalam daftar ya boleh dibilang untuk sekedar merayakan pernikahannya disini.

Narasumber juga menuturkan, akan lebih baik lagi jika mempelai membawa pasangan tapi jikapun tidak maka cukup dengan wali hakim saja. Sayapun bisa menerbitkan buku nikah tapi hanya untuk kota tertentu saja.

Kesimpulannya ditengah perekonomian Indonesia yang tengah lesu ini memang nikah siri mungkin bisa menjadi salah satu alternatif agar seseorang bisa menikahi pasangannya, tapi tetap saja menikah secara legal tetap lebih baik karena akan memudahkan segala urusan dikemudian hari misalnya dalam pengurusan akta kelahiran anak dan lain-lain.